Langsung ke konten utama

Jejak - Jejak Sejarah dalam Drama Korea The Inheritors @ Heirs



The Inheritors @ Heirs, drama menggemparkan di tahun 2013 sejak awal pemberitaannya. Dengan banyaknya artis - artis ternama yang bermain di dalamnya membuat drama ini semakin di nikmati oleh pecintanya. Tapi taukah kalian jika drama ini banyak menyisipkan kumpulan sastra dari tokoh dan benda terkenal dunia. Apa saja karya seniman dunia yang ada dalam drama ini ? Yuk Kita Liat^^

1. Icon The Heirs - Dreamcatcher


Secara tradisional alat menjaring mimpi ini digantungkan di atas tempat tidur mereka atau di rumah mereka untuk menjaring mimpi. Mimpi yang baik akan tertangkap kedalam jaringan dan akan membawa berkah dalam kehidupan mereka . Tapi mimpi yang buruk akan pergi dan berlalu melalui lubang ditengahnya dan tidak lagi menjadi bagian dari kehidupan mereka.
Dreamcatcher atau penangkap mimpi adalah sebuah legenda kuno dari suku indian kuno, penangkap mimpi telah di percaya oleh beberapa kelompok suku indian kuno yaitu suku Navajo, Ojibwe, dan Chippewa. Suku indian kuno percaya bahwa dream catcher dapat menangkap mimpi-mimpi buruk dan menyaringnya sehingga mimipi yang di dapat menjadi mimpi yang indah, atau juga hal yang di proyeksikan di dalam mimpi dapat direalisasikan kedunia nyata melalui dreamcatcher.

Dalam budaya asli Amerika, dreamcatcher adalah benda buatan tangan berdasar lingkaran willow, yang ditenun jaring longgar. Dreamcatcher tersebut kemudian dihiasi dengan barang-barang pribadi dan suci seperti bulu dan manik-manik.





Indian Lakota, misalnya, mempercayai bahwa mimpi yang baik ditangkap untuk menjadi bagian dari jaringan kehidupan, sementara mimpi-mimpi buruk akan lewat begitu saja melalui lubang yang ada di tengah penangkap mimpi. Legenda suku Navajo, Ojibwe, dan Chippewa menyatakan bahwa jaring itu menangkap mimpi buruk, mencegahnya masuk ke dalam impian, sementara mimpi-mimpi yang baik akan lewat melalui lubang di tengahnya. Dalam legenda ini, sinar matahari pagi akan memurnikan jaring itu dari mimpi-mimpi buruk yang ditangkapnya semalam. Penangkap mimpi untuk anak-anak dengan legenda yang disebut terakhir ini memiliki sebuah bulu di lubang tengahnya sehingga mimpi-mimpi yang baik bisa masuk ke dalam bulu itu dan masuk ke dalam mimpi.



(Dalam The Heirs) Cha Eun Sang memberikan Kim Tan dreamcatcher karena telah memberikannya tempat tinggal. Walaupun banyak drama Korea memakai Amerika sebagai setting drama mereka, entah mengapa saya merasa Kim Eun Sook-nim berusaha menghubungkan legenda asal dreamcather dengan setting awal drama The Heirs. Hal ini mungkin adanya kaitan antara mimpi cinta Kim Tan - Cha Eun Sang yang mewarnai drama ini..^^ Dan dari beberapa pengertian di atas mengenai dreamcather saya sangat berharap bahwa arti dreamcatcher dalam drama the heirs adalah seperti yang Eun Sang katakan kepada Kim Tan..


  
"dreamcather.."
"ia menyaring mimpi buruk..hanya mimpi indah yang akan melewatinya.."



2. A Midsummer Night's Dream 



A Midsummer Night's Dream adalah sandiwara komedi karya William Shakespeare yang ditulis sekitar tahun 1590-an. 
“ Perjalanan cinta sejati tidak pernah mulus              
— Lysander, A Midsummer Night's Dream

Sandiwara komedi karangan Sir William Shakespeare ini berkisah tentang pasangan kekasih dari Athena, Hermia dan Lysander yang dilarang untuk menikah. Demetrius berusaha untuk mengejar Hermia, dan Helena tergila-gila dengan Demetrius. Bahkan raja dan ratu peri juga bertengkar. Lalu raja peri menggunakan ramuan ajaib yang membuat Demetrius dan Lysander jatuh cinta pada Helena, semakin menyemarakkan cerita. Helena yang salah memberikan ramuan ajaib kepada Lysander yang awalnya akan diberikan pada Demetrius. Ramuan ajaib yang membuat seorang laki - laki akan jatuh cinta kepada orang yang di lihatnya pertama kali. Lysander yang mencintai Hermia menjadi jatuh cinta kepada Helena akibat dari ramuan ajaib Helena. Lysander mengejar Helena dan meninggalkan Hermia yang masih tertidur di dalam hutan. Walaupun pada akhirnya Lysander kembali sadar pada akhir cerita, penderitaan yang di alami oleh Hermia karena di tinggalkan Lysander karena Helena tidaklah mudah.. Hermia, Lysander, Demetrius dan Helena sepakat untuk menganggap apa yang terjadi semalam adalah mimpi karena terasa begitu tidak nyata.

(Dalam The Heirs ) Cha Eun Sang berulang kali mengatakan kepada Kim Tan saat mereka di Amerika dan saat malam kemping bersama. Bagi Eun Sang, Kim Tan adalah A Midsummer Night's Dream. Karena menurut Eun Sang saat dia membuka matanya Kim Tan hanyalah mimpi indah yang datang padanya. Seperti halnya Lysander yang meninggalkan Hermia ketika Lysander membuka matanya. Kehidupan Eun Sang dan Kim Tan sangat berbeda baik itu di Korea maupun Amerika.


" ini layaknya mimpi di musim panas..kini saatnya aku menghilang.."
"Layaknya mimpi semalam.."
"Annyeong.."

 3. The Heirs Tittle
  • The Inheritors / Heirs 


 -One Who Want to Wear the Crown, Bears the Crown-
"ia yang ingin mengenakan mahkota, mengemban mahkota itu.."

Arti dari The Inheritors sendiri adalah pewaris yang mengambil dari bahasa Inggris kuno yang sudah jarang dipakai saat ini.(katanya = berdasarkan dari sumber tetangga^^)
  • Jeguk Group 
Nama Jeguk sendiri dalam bahasa Korea memiliki arti Kekaisaran. Jika dalam drama Korea biasanya mengambil satu jenis bidang perusahaan yang nantinya  permasalahan akan berkutat disekitar sana, Jeguk Group sepertinya menguasai berbagai jenis bidang perusahaan yang ada di Korea. Namun, hanya satu bidang yang belum dikuasai oleh Jeguk Group yaitu Industri Telekomunikasi. Hal ini dibuktikan saat Kim Tan bicara dengan Choi Young Do bahwa industri telekomunikasi yang belum dimiliki oleh Jeguk group. Dan itulah yang membuat ayah Kim Tan menjodohkan Won dengan cucu pemilik perusahaan Telekomunikasi terbesar di Korea. 
  • Zeus Hotel 
 Zeus (Yunani: Ζεύς) atau Dias (Δίας) adalah raja para dewa dalam mitologi Yunani.Zeus terkenal karena hubungannya dengan banyak wanita dan memiliki banyak anak. (jelas ini mengintrepetasikan ayah Choi Young Do  yang memiliki hubungan dengan banyak wanita dalam The Heirs).
4. The Metamorphosis


(Jerman: Die Verwandlung, juga kadang-kadang diterjemahkan sebagai The Transformation) adalah novel oleh Franz Kafka, pertama kali diterbitkan pada tahun 1915. Ini telah dikutip sebagai salah satu karya mani fiksi abad ke-20 dan dipelajari di perguruan tinggi dan universitas di seluruh dunia Barat.
Cerita dimulai dengan seorang salesman bepergian, Gregor Samsa, bangun untuk menemukan dirinya berubah (bermetamorfosis) menjadi mengerikan, makhluk serangga seperti besar.


   ~ Als Gregor Samsa eines Morgens aus unruhigen Träumen erwachte , fand er sich di seinem Bett zu einem ungeheuren Ungeziefer verwandelt~

    "Sebagai Gregor Samsa terbangun suatu pagi dari mimpi gelisah , ia menemukan dirinya berubah di tempat tidurnya menjadi makhluk serangga seperti raksasa."

Ungeziefer juga menunjukkan rasa pemisahan antara dirinya dan lingkungannya : haram dan karena itu harus terpencil .



(Dalam The Heirs) Dalam soal  UTS yang dikerjakan oleh Kim Tan dia melingkari sebuah kalimat yang menurut tetangga memiliki arti Frans Kafka yang secara tidak langsung menyinggung bahwa dirinya adalah seorang anak haram dan kesepian. (menurut pendapat pribadi tentu saja^^)

5. The Great Gatsby




The Great Gatsby adalah sebuah novel karangan F. Scott Fitzgerald, pengarang berkebangsaan Amerika. Pertama kali dipublikasikan pada tanggal 10 April 1925, cerita ini berlatar kota New York dan Long Island selama musim panas tahun 1922. Singkat cerita, Gatsby jatuh cinta sejak lama dengan Daisy walaupun akhirnya Daisy menikah. Kemewahan Gatsby adalah demi menarik perhatian Daisy. Cinta mereka berlanjut hingga ke tahap perselingkuhan. Ketika Daisy disuruh memilih antara Gatsby dan suaminya, dia lebih memilih suaminya. Suami yang juga selingkuh dengan seorang Myrtle, seorang wanita yang juga telah bersuami. daisy yang mengetahui hal itu tanpa sengaja menabrak Myrtle hingga meninggal menggunakan mobil Gatsby. Mengetahui itu, Gatsby berusaha menyelamatkan Daisy dengan mengaku bahwa dialah pelakunya. Pada akhirnya Gatsby meninggal dunia karena di bunuh oleh suami Myrtle yang menyangka Gatsbylah selingkuhan istrinya saat sedang berendam di kolam menatap rumah Daisy. Begitulah cinta Gatsby yang tidak berjalan dengan keinginannya.

(Dalam The Heirs) Di sekolah Jeguk mereka diminta oleh Hyun Joo-sam untuk memberikan pendapat mereka saat ini mengenai tokoh tersebut. Cha Eun Sang - Kim Tan - Choi Young Do berada dalam kelompok yang sama. Namun, entah mengapa yang presentasi justru hanya Rachel..~___~

Rachel Quote :
"Daisy suka melihat lampu hijau  ditempat Gatsby.."
"Terlihat tak terjangkau, lampu hijau dibalik kabut.."
"Gatsby penuh pengharapan akan hidup.."
"Tapi bagi Gatsby, Daisy bukanlah harapan.."
"Melainkan racun berbahaya.."
"Pada akhirnya Daisy jatuh cinta pada keajaiban Gatsby.."
"Ia menghancurkan hidupnya agar bisa dengan orang yang ia cintai.."
~The Heirs ep 16~
6.  The Books


 "Seolah kita tinggal bersama.."~ Kim Tan
"Saat kita menggenggam tangan ditengah kerumunan orang.."
"Kita menggunakan tulang, otot, dan darah dalam urat kita agar tidak terpisah.."
" Itulah cinta yang aku tahu.."
"Cinta apalagi jika bukan itu.."
"Hanya saja pada kenyataannya.."
"Aku tidak dapat melepaskan tangan itu.."
~Cha Eun Sang~

co: Kedua buku tersebut jelas menyebutkan bagaimana sulitnya cinta mereka.Belum tahu judul buku di atas karena memakai Hangul~__~. Namun saya yakin dua buku tersebut tidak 100% persen berakhir Happy Ending.(pe-de)

Komentar : Dengan banyaknya referensi diatas, saya sendiri memberikan aplaus yang luar biasa pada Script Writter (Kim Eun Sook-nim). Drama yang mempunyai jejak - jejak sejarah sastra yang tersebar sepanjang drama The Heirs. Dan entah mengapa saya tidak suka dengan karakter orang tua dalam drama korea yang selalu mencampuri urusan percintaan anaknya. Bukannya kesalahan anak karena salah memilih pasangan akan membuat mereka belajar akan hidup ini^^.
LIKE Young Do- dad..
Young Do quote..
"Ayah bisa mencampuri semua urusan dalam hidupku kecuali masalah wanita.."
Young Do- dad quote..
"baiklah aku takkan mencampurinya.."

Dan menurut saya adegan paling menyedihkan adalah surat Cha Eun Sang untuk Kim Tan:

Untuk Kim Tan,
Dua musim sudah berlalu
Musim panas saat kita bertemu serasa ada didalam mimpi
Tempat dimana sangat panas saat siang dan sangat dingin disaat malam
Aku Suka Padamu
Kita begitu dibutakan oleh cinta kita
Hubungan kita terlalu panas dan terlalu dingin
Dapatkah aku melupakan itu?
Maaf sudah melarikan diri seperti ini
Maaf sudah berbohong kalau aku akan menunggumu dirumah
Kim Tan, yang terbaik di antara ketidak beruntunganku
Sekarang aku akan benar - benar menghilang seperti mimpi semalam
Aku senang bertemu denganmu dalam mimpi itu,Kim Tan..

Saya setuju pendapat Kim Tan," Karena cinta anak yang belum dewasa terkesan main - main " dan pendapat Eun Sang "apa lagi yang dapat kita lakukan selain terus tumbuh". Saya sendiri sangat terkesan dengan drama ini. Dan drama yang wajib ditonton tahun 2013 selain Gu Family Book- Lee Seung Gi tentu saja..^^

[SELURUH] Sinopsis The Inheritors @ Heirs 1 - 20 End

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SELURUH SINOPSIS QUEEN IN-HYUN'S MAN 1 - 16 ( End )

Tittle : Queen In-Hyun's Man Also known as : Queen and I Genre : Fantasy,Romance, Trave-time Episodes : 16 Broadcast network : tvN Cast  Ji Hyun Woo as Kim Boong Do Yoo In Na as Choi Hee Jin Kim Jin Woo as Han Dong Min Ga Deuk Hi as Jo Soo Kyung  Park Young Rin as Yoon Na Jung Jo Dal Hwan as Chun Soo Uhm Hyo Sup as Min Ahm Lee Kwan Hoon as Ja Soo Jin Ye Sol as Yoon Wol  Ji Nam Hyuk as Han Dong Seo Woo Jin as King Sukjong Kim Hae In as Queen In Hyun's Man ( Joseon era ) Recaps : Park Boong Do berusaha untuk menyelamatkan Queen In-Hyun yang akan dibunuh oleh Jang Hee Bin,selir sang raja. Dalam usahanya untuk menyelamatkan sang ratu, Park Boong Do akan dibunuh oleh seorang penjaga istana. Namun, dalam usahanya untuk menyelamatkan diri dirinya dibawa ke masa depan oleh sebuah jimat yang berfungsi melindunginya apabila nyawanya sedang terancam. Di masa depan itulah dia menemukan fakta sejarah yang berubah dan bertemu dengan s

Cerita di balik Descendants of the Sun aka Keturunan matahari (Part 1)

Judul                        :  Descendants of the Sun Genre                       :  Romance, Melodrama, Action Jaringan Siaran        :  KBS 2 Slot Time                 :  Rabu- Kamis 20.00 WIB Descendants of the Sun adalah drama yang berlatar belakang campuran antara kedokteran dan militer. Drama ini mengangkat tentang kisah cinta dokter dan tentara. Sudah banyak yang mengulas drama ini, namun adakah yang tahu apa arti dari judul drama Descendant of the Sun ini? Beberapa orang pasti tahu bahwa kepanjangan Descendant of the Sun adalah Keturunan Matahari. Keturunan Matahari yang dimaksud dimana yang diceritakan oleh drama ini?. Setelah menonton drama ini sampai 2 episode saya belum dapat menemukan apakah arti dari judul drama ini. Tak ada tanda2 yang menunjukkan ceritanya akan mengarah pada sesuatu yang berhubungan dengan Keturunan Matahari tersebut. Maka setelah sedikit melakukan riset tidak penting, saya menemukan bahwa cerita ini bukan lah mengenai suatu Keturuna

SELURUH SINOPSIS THE KING 2 HEARTS 1 - 20 ( End )

Title : The King 2 Heart Romanisasi : Deokingtuheocheu Previously Known as : The King / 2 Hearts ( King 2 Hearts ) Genre : Romance , Black Comedy Episode : 20 Broadcast network : MBC Cast Main Cast Lee Seung Gi as Lee Jae Ha Kang Han Byul as Jae Ha ( young ) Ha Ji Won as Kim Hang Ah Jo Jung Suk as Eun Shi Kyung Lee Yoon Ji as Lee Jae Shin Yoon Je Moon as Kim Bong Gu / John Mayer The Royal Family Lee Sung Min as King Lee Jae Kang Park Gun Tae as Jae Kang ( young ) Yoon Yeo Jung as Bang Young Sun ( Ibu Suri ) Lee Soon Jae as Eun Gyu Tae WOC Members Jung Man Sik as Lee Kang Suk Kwon Hyun Sang as Yeom Dong Ha Choi Kwon as Kwon Young Bae Sinopsis Recaps : Lee Jae Ha adalah seorang Pangeran Korea Selatan yang tidak peduli dengan politik. Sepanjang hidupnya dia berusaha menjadi Pangeran yang tak akan mungkin dijadikan sebagai penerus tahta. Untuk memenuhi keinginan kakaknya yang seorang Sang Raja dia harus mengikuti WOC atau keluar dari kel