Langsung ke konten utama

Cerita di balik Descendants of the Sun aka Keturunan matahari (Part 1)



Judul                        :  Descendants of the Sun
Genre                       :  Romance, Melodrama, Action
Jaringan Siaran        :  KBS 2
Slot Time                 :  Rabu- Kamis 20.00 WIB

Descendants of the Sun adalah drama yang berlatar belakang campuran antara kedokteran dan militer. Drama ini mengangkat tentang kisah cinta dokter dan tentara.
Sudah banyak yang mengulas drama ini, namun adakah yang tahu apa arti dari judul drama Descendant of the Sun ini?

Beberapa orang pasti tahu bahwa kepanjangan Descendant of the Sun adalah Keturunan Matahari.
Keturunan Matahari yang dimaksud dimana yang diceritakan oleh drama ini?. Setelah menonton drama ini sampai 2 episode saya belum dapat menemukan apakah arti dari judul drama ini. Tak ada tanda2 yang menunjukkan ceritanya akan mengarah pada sesuatu yang berhubungan dengan Keturunan Matahari tersebut. Maka setelah sedikit melakukan riset tidak penting, saya menemukan bahwa cerita ini bukan lah mengenai suatu Keturunan Matahari seperti pada cerita masyarakat Jepang yang menganggap keluarga kerajaan sebagai Keturunan Matahari ataupun dari mitologi suatu suku.

Sebelumnya, adakah yang pernah nonton film Amerika yang berjudul Tears of the Sun. Arti dari judul tersebut adalah Airmata Matahari. Namun, sebagaimana orang tahu bahwa film ini sama sekali tidak menceritakan tentang Airmata Matahari tersebut. Cerita yang dibintangi oleh Bruce Willis ini malahan menceritakan tentang operasi penyelamatan seorang dokter Amerika yang terjebak dalam perang sipil di Nigeria. Singkat cerita tentara yang bertugas melakukan operasi penyelamatan melanggar perintah yang meminta hanya untuk menyelamatkan dokter  tersebut namun malahan juga menyelamatkan masyarakat negara itu yang membutuhkan perlindungan. Banyak yang menceritakan bahwa film itu memberikan banyak pesan moral diantaranya adalah kerugian yang terjadi akibat perang tidak hanya materiil tapi juga inmateriil. Kebaikan akan selalu menang melawan kejahatan dan beberapa pesan lainnya.

Itu Tears of the Sun lalu bagaimana dengan Descendant of the Sun ?

Untuk itu kita telaah terlebih dahulu drama Descendants of the Sun ini melalui beberapa hal di bawah ini :
1. Lokasi

 

Pengambilan gambar drama ini sebagaimana yang kita tahu adalah di Yunani dan Korea. Pantai yang ada di episode 3 itu ada di Pulau Zakynthos.Ini membuat kita berpikir bahwa cerita ini memiliki unsur mitologi, cerita seperti halnya Secret Garden ( Putri yang berubah menjadi buih )  atau The Heirs ( Midsummer Night Dream ).

Tapi sepertinya bukan itu yang di maksud di drama ini. Drama yang menghabiskan dana sekitar lebih dari 100 milyar ini hanya untuk membuat kesan bahwa para tentara sedang menjalankan tugas perdamaian di daerah Semenanjung Balkan. Sedangkan apabila kita melakukan pencarian di Goggle, tidak akan kita temukan nama Urk di negara-negara Timur Tengah. Urk sendiri apabila kita melakukan pencarian adalah sebuah kota kecil di Belanda. Bendera yang melambangkan lokasi tersebut juga memiliki kemiripin dengan bendera Afganistan secara warna namun berbeda dari segi urutan dan lambang.

Dengan banyaknya berita tentu kita tahu konflik antar negara, suku dan agama semua terjadi di sekitar Timur Tengah, Benua Afrika dan isu pengungsi di Semenanjung Balkan. Mengingat begitu banyaknya konflik di negara-negara tersebut kita lupa bahwa negara-negara itu juga menyimpan keindahan baik dari segi sejarah maupun cerita.

Drama ini sendiri hanya ingin memberitahukan bahwa Keturunan Matahari yang di maksud mungkin adalah para tentara dan dokter yang berada paling depan di tengah masyarakat negara yang sedang berperang. Merekalah yang memberikan perlindungan dan perhatian ditengah keegoisan pemimpin negara yang tidak mau kalah dan mengalah.

Berbeda dengan Tears of the Sun yang berdasarkan info di ambil dari kisah nyata, Descendant of the Sun kebanyakan adalah rekaan. Dimana Markas Taebaek yang dikisahkan berada di Yunani sebenarnya di ambil di Korea.

Tentu ini adalah pendapat pribadi^^ . Mengingat belum ada info yang menjelaskan arti Descendant of the Sun. Apabila ada kesalahan tempat maupun kejadian, mohon maaf dan pengertiannya ya^^..

Kita ketemu di bagian 2 ya..

Happy Reading


Cerita di balik Descendants of the Sun aka Keturunan matahari (Part 2) 


Komentar

  1. Dramax seru skli, daebak tpi bru z tw artinya hahahaa abis kerennnn skli pemeranx n jalan ceritax jdi di z sudut sampingqn judulx hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampai sekarang juga belum move on..
      Terima kasih sudah mampir ^^..

      Hapus
  2. Iya, bener banget infonya. Aku uda search di google urk itu ternyata di belanda. Tadinya saya malah berfikir URK itu adalah singkatan dari (UKRaina)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Writer-nim nya keren abizz..
      Terima Kasih sudah mampir ^^..

      Hapus
  3. Infonya cakep....makanya di page 1 google search ...;)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SELURUH SINOPSIS QUEEN IN-HYUN'S MAN 1 - 16 ( End )

Tittle : Queen In-Hyun's Man Also known as : Queen and I Genre : Fantasy,Romance, Trave-time Episodes : 16 Broadcast network : tvN Cast  Ji Hyun Woo as Kim Boong Do Yoo In Na as Choi Hee Jin Kim Jin Woo as Han Dong Min Ga Deuk Hi as Jo Soo Kyung  Park Young Rin as Yoon Na Jung Jo Dal Hwan as Chun Soo Uhm Hyo Sup as Min Ahm Lee Kwan Hoon as Ja Soo Jin Ye Sol as Yoon Wol  Ji Nam Hyuk as Han Dong Seo Woo Jin as King Sukjong Kim Hae In as Queen In Hyun's Man ( Joseon era ) Recaps : Park Boong Do berusaha untuk menyelamatkan Queen In-Hyun yang akan dibunuh oleh Jang Hee Bin,selir sang raja. Dalam usahanya untuk menyelamatkan sang ratu, Park Boong Do akan dibunuh oleh seorang penjaga istana. Namun, dalam usahanya untuk menyelamatkan diri dirinya dibawa ke masa depan oleh sebuah jimat yang berfungsi melindunginya apabila nyawanya sedang terancam. Di masa depan itulah dia menemukan fakta sejarah yang berubah dan bertemu dengan s

SELURUH SINOPSIS THE KING 2 HEARTS 1 - 20 ( End )

Title : The King 2 Heart Romanisasi : Deokingtuheocheu Previously Known as : The King / 2 Hearts ( King 2 Hearts ) Genre : Romance , Black Comedy Episode : 20 Broadcast network : MBC Cast Main Cast Lee Seung Gi as Lee Jae Ha Kang Han Byul as Jae Ha ( young ) Ha Ji Won as Kim Hang Ah Jo Jung Suk as Eun Shi Kyung Lee Yoon Ji as Lee Jae Shin Yoon Je Moon as Kim Bong Gu / John Mayer The Royal Family Lee Sung Min as King Lee Jae Kang Park Gun Tae as Jae Kang ( young ) Yoon Yeo Jung as Bang Young Sun ( Ibu Suri ) Lee Soon Jae as Eun Gyu Tae WOC Members Jung Man Sik as Lee Kang Suk Kwon Hyun Sang as Yeom Dong Ha Choi Kwon as Kwon Young Bae Sinopsis Recaps : Lee Jae Ha adalah seorang Pangeran Korea Selatan yang tidak peduli dengan politik. Sepanjang hidupnya dia berusaha menjadi Pangeran yang tak akan mungkin dijadikan sebagai penerus tahta. Untuk memenuhi keinginan kakaknya yang seorang Sang Raja dia harus mengikuti WOC atau keluar dari kel